CPU (Central Processing Unit) Adalah Bagian Terpenting Pada Komputer,Karna Seluruh Perintah Atau Pun Kinerja Akan Diproses Di CPU Yang Kemudian Di Tampilkan Pada Layar Monitor Dan Output Lainnya.
Ada Pun Komponen-Komponen Yang Ada Di dalam CPU Yaitu :

- Motherboard
- Prosessor
- Kipas Prosessor
- Memori (RAM)
- Harddisk (HDD)
- CD/DVD-Rom
- Power Supply
- VGA

- Lan Card
- Sound Card

Nah,Jika Anda Sudah Tau Nama-Nama Komponen Yang Ada Di dalam CPU,Sekarang Kita Ke Penjelasan Fungsi-Fungsi Dari Tiap Komponen-Komponen Tersebut,

1. Motherboard

Motherboard Adalah Komponen Induk Komputer Tempat Pemasangan Prosessor,Harddisk,Memori, Dan Komponen-Komponen Lainnya.
Komponen-Komponen Itu Akan Terhubung Satu Dengan Yang Lainnya,Karna Adanya Motherboard

Berikut Adalah Gambar Motherboard :



2.Prosessor

Prosessor Adalah Otak Dari Semua Proses Yang Ada Di Komputer,Semakin Tinggi Nilai Prosessor Maka Semakin Tinggi Kinerja Komputer Tersebut,

Berikut Adalah Gambar Prosessor :


3.Kipas Prosessor

Kipas Prosessor berfungsi sebagai pendingin dan menjaga agar suhu prosessor tetap dingin dan stabil.
berikut adalah gambar kipas prosessor.


4.Memori (RAM)

Memori Atau Sering Disebut Ram (Random Acses Memory),Memori Berfungsi Mentransfer Data Pada CPU,Dan Juga Berfungsi Menyimpan Data Sementara Selama Komputer Dalam Keadaan Hidup
Satuan Memori Biasanya Menggunakan Byte,Kapasitas Memori Yang Ada Di Pasaran Yaitu :
64 Mb,128 Mb,256 Mb,512 Mb,1 GB,2 GB,4 GB Dan 8 GB
Jenis Memori Yang Masih Diproduksi Adalah :
DDR-1,DDR-2,DDR-3
Berikut Adalah Gambar Memori :




5.Harddisk (HDD)

Harddisk Merupakan Komponen Yang Terpenting Dalam Komputer,Karna Harddisk Berfungsi Untuk Menyimpan Sistem Operasi Dan Data-Data Lainnya
Berikut Adalah Gambar Harddisk :



6.DVD/CD Rom

DVD Rom Berfungsi Untuk Membaca Kepingan CD/DVD,Dan Juga Berfungsi Untuk Membakar Atau Mengcopy CD Dengan Menggunakan Software Tambahan.
Berikut Adalah Gambar DVD Rom :
7.Power Supply

Power Supply Berfungsi Merubah Tegangan DC Menjadi AC Atau Sebagai Pengatur Arus Tegangan Listrik Untuk Dibagikan Ke Komponen-Komponen Lainnya
Berikut Adalah Gambar Power Supply :


8. VGA

VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.



9. LAN CARD 


Kartu jaringan (network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. 

 10. SOUND CARD

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.
Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, 16 bit, 24 bit, 32 bit, bahkan sampai sekarang sudah 64 bit.



Selesai ......